Labels

Sunday, November 16, 2008

Penelitian ini.....

Saat ini saya memasuki fase itu lagi. Suatu tahapan untuk menyelesaikan sebuah studi di perguruan tinggi. Yah...saatnya penelitian dimulai. Sesuai dengan background pendidikan sarjana saya adalah Gizi Masyarakat, maka memang sudah selayaknya saya mengambil tema mengenai masyarakat, bukan klinik ataupun institusi. Walaupun di awal-awal dulu, sempat terlintas untuk mengambil tema gizi institusi [dan bahkan saat penjurusan saya memilih gizi institusi] tapi memang sepertinya jiwa saya sudah di gizi masyarakat dan saya seperti telah ditakdirkan untuk kembali mengambil penelitian di ranah itu

Penelitian kali ini saya mengambil tema Anemia pada anak SD di Kab Sukoharjo, dengan desain eksperimental study [tanpa RCT]. Saya akan memberikan makanan tambahan kepada anak SD yang terkena anemia setiap hari masuk sekolah selama 3 bulan. Makanan tambahan berupa makanan jajanan yang telah ditambahkan nilai gizinya [dengan mengubah komposisi makanan jajanan]

Kali ini saya satu tim dengan orang-orang yang secara umur sudah jauuuh di atas saya. Tim ini terdiri dari 3 orang, dan saya memang satu-satunya anggota tim yang paling muda. Dan memang tidak dipungkiri penelitian di Masyarakat akan selalu mendatangkan banyak cerita, internal peneliti maupun eksternalnya. Begitu pula dengan keadaan saya saat ini, istilahnya ”capek lahir batin”

Kalau sudah begini, saya selalu merindukan kehadiran teman2 saya. Dan satu sisi sifat jelek saya pun muncul. Saya selalu membanding-banding kan penelitian kali ini dengan penelitian-penelitian yang pernah saya lakukan sebelumnya. Saat skripsi dulu, satu tim selalu bersama-sama, baik di lapang maupun saat menejemen data. Tapi sekarang? Posisi saya seakan-akan dianggap sama kaya enumerator *menurut saya*. Dengan alasan ”dik lia kan memang belum ada tanggungan keluarga, beda sama saya”. (doh!). Mungkin karena saya memang seumuran dengan enumerator-enumerator itu juga.. Yah..bersabar memang jalan yang terbaik, dan selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin..

Saya hanya berharap dan berdoa, semoga mudah2an penelitian kali ini bisa sesuai dengan harapan, dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk tesis saya. Amien, InsyaAlloh...

3 comments:

Panda said...

waaaah..jadi inget jaman2 waktu itu pippo..

bersusah2 dahulu ya po, tar abis itu baru bersenang-senang...

tetep semangat.. tetep bersabar.. smua pasti ada jalannya..caiyoo...!!!

Anonymous said...

Smangad!!!!

Liapippo said...

Iyah mas Rindraa...
Jadi mengingat masa-masa ituhh...

Mas Rindraa... masih kuingat saat di depan ruang kelas ituhh.. huehuehuehue....

Pengen curhat2 lagi nih masss... dudududduduwww......