Labels

Friday, August 29, 2008

Kahitna with their Soulmate..

Sebenernya postingan ini dah lama saya posting, tapi bukan di sini, melainkan di sini, dari bulan Maret tahun 2006..hehehe. Tapi gapapalah yah, mengingat Kahitna juga belom ngeluarin album baru lagi

Saat itu, setelah sekian lama menunggu, akhirnya keluar juga album ke 7 mereka. SOULMATE

COVER

Sekilas melihat cover depan, ada beberapa bagian yang tampak menarik, ada juga beberapa bagian yang tampak “aneh”. Warna putih dan biru begitu mendominasi cover album ini. Warna biru langit yang cerah. Logo `Kahitna` juga kembali seperti album-album terdahulu, logo yang sempat mereka tanggalkan di album ke 6. Tapi ada satu yang mengganjal begitu melihat siluet di sampul depan album ini. Siluet yang membuat album ini terkesan oldies atau mirip album-album sweet memory. Tapi begitu cover terbuka seluruhnya, kesan oldies mendadak hilang..lenyap entah kemana, digantikan dengan gambar para personel kahitna yang sedang berpose (aaalagh!) di pinggir laut. Keren! Apalagi Mas Andrie..oooohhh...keren banget!! Sepertinya ada yang beda dengan mas Andrie ini, rambut gondrong yang selama ini menjadi khas Mas Andrie telah berubah menjadi rambut pendek, menjadi lebih rapih dan pastinya terlihat lebih muda.hehehe. Warna biru tetap mendominasi pada bagian ini. Tetapi ada yang menyilaukan mata juga, iklan NSP 1212 Telkomsel warna merah terlihat mencolok di salah satu bagian di lembaran cover ini, but its Okay. Ada kalimat yang cukup puitis diatas ucapan terima kasih, Album ini dipersembahkan untuk para lelaki yang mencinta wanitanya dan para wanita yang telah membuat indah dunia (beuuuuu...!!!!!)

LAGU

Berbicara tentang lagu-lagu Kahitna di Album ini, sepertinya tidak banyak berubah dengan lagu-lagu cinta Kahitna di album-album terdahulu. Tapi kali ini dominasi Mas Yovie sangat terasa, bisa dilihat hampir semua lagu ciptaan Mas Yovie kecuali beberapa lagu yang diciptakannya bersama Mas Carlo dan Mario serta kang Iyu (Ieu teh Saha?). Aduhh Mas Yovie kenapa yang lain tidak diberi kesempatan untuk menyumbang lagu? Begitu mendengar lagu ketiga, sempat kepikiran, “kok sepertinya pernah denger nih lagu?” Yup! Ternyata lagu ini adalah lagu daur ulang yang dulu pernah dipopulerkan oleh Harvey Maliholo di akhir 90 an. Judulnya Katakan Saja. Ciptaan Mas Yovie juga. “Kata-katakan lah saja bila benar-benar cinta. Jangan kau ragu-ragu karna ku sungguh-sunguh...”. Dari 11 lagu yang ada ditampilkan, ada sekitar 6 lagu yang bertema sama, yaitu tentang seseorang lelaki yang merasa cintanya`sudah lewat` atau cintanya tidak sampai terhadap seorang wanita. Misalnya saja lagu Aku, Dirimu, Dirinya-yang juga menjadi lagu andalan di album ini, Cinta Sendiri, Mengapa Terlambat, Soulmate, Kau Ubah Hariku, dan Tetap Kekasihmu. So..apakah album ini merupakan album patah hatinya Mas Yovie? Hmm entahlah... Setelah mendengar keseluruhan lagu di album Soulmate ini, sepertinya ada sisi “Kahitna” yang hilang, nuansa jazzy fusion yang selama ini menjadi ciri khas kahitna kurang terdengar (Hanya terdengar nyata di lagu Katakan Saja), begitu pula dengan nuansa etnik fusionnya yang juga “kurang berasa”. Hanya lagu Merasa Tak Dicinta yang menonjolkan etnik fusion khas Kahitna, musik di lagu ini sedikit mengingatkan kita pada lagu Lajeungan di album Kahitna II. Ada juga lagu Salah Sendiri yang bernuansa disco. Lagu-lagu seperti Bagaimana dan E-Ya E-Yo (album Cerita Cinta), O`owae dan Lajeungan (Kahitna II), Pinokio, Dirantau, dan Casablanca (Sampai Nanti), Permaisuriku, K.A.M.U, Adakah Dia, Kerinduan dan LMC`85 (Kahitna IV Permaisuriku), Tentang Diriku, Pasadena (Cinta Sudah Lewat), yang selama ini menjadi khas Kahitna terasa hilang. Untuk album ini sepertinya Kahitna benar-benar memberi porsi besar pada permainan piano Mas Yovie, lagu-lagu cinta khas Yovie Widianto dan sweet pop ala kahitna begitu mendominasi album ini, sehingga sangat pas ketika album ini diberi judul “Soulmate”..